Thursday, May 10, 2007

UN Pendidikan Kesetaraan Diundur

Laporan Wartawan Kompas Indira Permanasari S

JAKARTA, KOMPAS- Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Pendidikan Kesetaraan diundur. Ujian yang semula akan diselenggarakan pada tanggal 28-31 Mei untuk Paket C atau setara SMA ditunda hingga 19-22 Juni 2007. Sedangkan, untuk UN Kesetaraan Program Paket A dan B atau setara SD dan SMP yang sebelumnya dijadwalkan pada tanggal 4-6 Juni akan digelar pada tanggal 26-28 Juni 2007.

Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Yunan Yusuf dalam jumpa pers, Kamis (10/5) mengatakan, penjadwalan ulang UN Pendidikan Kesetaraan tersebut disebabkan usulan dari daerah yang belum siap melakukan pengadministrasian karena waktu yang berimpitan dengan persiapan UN jalur formal atau persekolahan.
Sejumlah daerah masih terfokus untuk proses penilaian akhir peserta UN yang lalu. Pengumuman kelulusan untuk UN formal tidak dilakukan serentak, melainkan diserahkan ke sekolah masing-masing. Pengumuman tersebut paling lama dilaksanakan pada 16 Juni mendatang.

Yunan Yusuf juga berharap, para pengelola pendidikan tinggi agar dapat menerima hasil ujian peserta program pendidikan kesetaraan yang telah lulus UN Pendidikan Kesetaraan. "Tidak ada beda antara pendidikan formal dan nonformal untuk UN," ujarnya.

Direktur Pendidikan Kesetaraan Pendidikan Luar Sekolah Departemen Pendidikan Nasional, Ella Yulaelawati menambahkan, total jumlah peserta UN Pendidikan Kesetaraan tahun 2007 untuk Paket A, B dan C mencapai 364.984 orang. Lebih dari 23.308 orang berasal dari Pondok Pesantren yang berada di 27 provinsi dan peserta didik dari program komunitas sekolah rumah di Jakarta dan sekitarnya sekitar 1.000 orang.

No comments: