Thursday, May 10, 2007

Indonesia Miliki Rekor Penghancur Hutan Tercepat

Laporan Wartawan Kompas Nawa Tunggal, 3 Mei 2007

JAKARTA, KOMPAS - Sesuai data Badan PBB yang menangani masalah pangan dan agrikultur atau FAO, laju penghancuran hutan di Indonesia antara 2000-2005 tercepat di dunia mencapai rata-rata 1,871 juta hektar per tahun atau dua persen dari luas hutan tersisa 97,852 juta hektar. Data ini akan dipergunakan lembaga otoritas global pemecahan rekor Guinness World Record untuk mencatat Indonesia sebagai negara penghancur hutan tercepat yang akan diluncurkan pada September 2007 nanti.

Demikian disampaikan organisasi kampanye lingkungan independen Greenpeace, Kamis (3/5), di Jakarta. "Greenpeace sudah menerima duplikat rencana sertifikat Rekor Dunia Guinness untuk pencantuman Indonesia sebagai penghancur hutan tercepat di dunia," kata Hapsoro, Juru Kampanye Hutan Greenpeace regional Asia Tenggara.

Pencantuman rekor dunia itu diungkapkan dengan kalimat, "Dari 44 negara yang secara kolektif memiliki hutan 90 persen hutan, negara yang meraih tingkat laju penghancuran hutan tercepat di dunia adalah Indonesia, dengan 1,871 juta hektar hutan dihancurkan per tahun antara 2000 hingga 2005 - sebuah tingkat kehancuran hutan sebesar 2 persen setiap tahun atau 51 kilometer persegi per hari."




No comments: